DOGMA TRINISTAS KRISTEN

Trinitas merupakan dogma Kristen dimana Kristiani harus mengakui konsep bahwa Tuhan terdiri atas tiga pribadi dalam satu substansi, oknum Tritunggal Tersebut adalah Bapa, Putra, Roh Kudus. Dalam pandangan Kristiani, tiga entitas Tuhan ini sebagai co-eternal (sama kekal), co-substantial (sama substansi), and co-equal (sama sederajat). Sehingga dapat ditinjau dari dogma Trinitas, Kristiani pada dasarnya berkeyakinan bahwa Bapa adalah pribadi Anak, begitu juga dengan Roh Kudus adalah pribadi dari dua oknum sebelumnya. Apakah dogma Trinitas ini didukung Bible? Simak beberapa ayat ini:

Markus 15:34 Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
Markus 16:19 Sesudah Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.
Markus 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja."
Lukas 3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

Dari ayat Bible diatas, dapat dideteksi secara jelas banyak tempat dalam Bible membedakan substansi dan derajat oknum Bapa, Anak, dan Roh Kudus yang diakui kesatuan oleh Kristiani.

Pertanyaan:

a. Jika Yesus adalah pribadi Allah dalam kesatuan, maka kepada siapa Yesus berseru dalam Markus 1:34?

b. Jika Yesus adalah pribadi Allah dalam kesatuan, lalu mengapa ada perbedaan tempat dan terpisah antara Yesus dan Allah dimana dalam Markus 16:19 menyatakan Yesus duduk di sebelah kanan Allah?

c. Jika Anak adalah pribadi Bapa dalam satu kesatuan, lalu mengapa ada perbedaan pengetahuan antara Anak dan Bapa dimana Yesus berkata dalam Markus 13:32 pengetahuan kapan terjadi kiamat hanya dimiliki oleh Bapa saja

d. Dalam Lukas 3:22, jika Yesus adalah pribadi Roh Kudus dan Bapa dalam satu kesatuan Tritunggal, mengapa digambarkan Roh Kudus turun keatas Yesus dalam rupa burung merpati serta suara siapa yang didengarkan Yesus jika pada dasarnya ketiganya adalah satu?

e. Dapatkah Kristiani memberikan bukti secara alkitabiah bahwa Anak memiliki derajat kesetaraan dengan Bapa, begitu juga dengan dalil bahwa Roh Kudus sederajat dan satu substansi dengan oknum Anak dan Bapa?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Tuan Berubah Menjadi Tuhan (dalam bibel)

Yesus hanya diutus kepada bani israel - Bukti Alkitabiyah

YOHANES 13:13 TUHAN atau Tuan