PENEBUSAN DOSA KRISTEN TIDAK ADA DAN TIDAK PERNAH TERJADI


****TIDAK ADA PENEBUSAN DOSA****


Ditulis oleh                           : Yuliatin Nurjanach
Motifasi dan inspirasi dari : R Winata Nasution

 Referensi dari                    : Berbagai sumber





            Mari kita mulai pembahasan dengan santai tapi berisi,.. Penebusan Dosa
Baik Islam ataupun Kristen saya rasa sudah tidak asing lagi dengan doktrin tersebut.
Apa itu penebusan dosa,.?



Penebusan dosa adalah doktrin yang menggambarkan bagaimana manusia dapat diperdamaikan dengan Allah.[1] Dalam teologi Kristen penebusan merujuk pada memaafkan atau mengampuni dosa melalui kematian Yesus Kristus dengan penyalibannya yang pada akhirnya memungkinkan adanya pendamaian antara Allah dan penciptaan.[1] Dalam tradisi Kekristenan secara historis, terdapat empat teori utama bagaimana penebusan tersebut dapat bekerja:

  • 1.    teori penebusan
  • 2.    teori kepuasan
  • 3.    teori substitusi pidana
  • 4.     teori pengaruh moral.[1]
Dalam bahasa Inggris, penebusan disebutkan dengan kata atonement.[1] Hal ini digunakan untuk menggambarkan karya keselamatan yang Allah lakukan melalui Kristus untuk mendamaikan dunia, dan juga keadaan seseorang yang telah diperdamaikan dengan Allah
.[1] Selama berabad-abad, orang-orang Kristen telah menggunakan gambaran yang berbeda dan diberikan penjelasan yang berbeda dari penebusan untuk mengekspresikan bagaimana penebusan bisa bekerja dalam dunia dan khidupan manusia.[2] Gereja-gereja dan denominasi memiliki variasi yang berbeda dalam menggambarkan penebusan dosa ini.[2]
Variasi ini dikarenakan mereka menganggap penggambaran mereka paling cocok dengan perspektif teologis mereka
.[2] Namun, semua orang Kristen tetap menekankan bahwa Yesus adalah Juruselamat dunia dan melalui kematiannya dosa manusia telah diampuni dan diperdamaikan dengan Allah.[2]



Oke,. Berdasarkan keterangan tersebut maka kesimpulannya adalah,. Penebusan Dosa merupakan salah satu sudut pandang terpenting dalam agama Kristen,. Dimana tanpa penebusan dosa,.. maka tak akan ada penyalipan. Dan tanpa penyalipan maka tak ada kekristenan.

Mengenal jenis dosa dalam ajaran kristen
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari seorang Muallaf. Dalam ajaran Kristen terdapat dua jenis dosa.

1.    Dosa Waris (dosa asal)

2.    Dosa Pribadi (dosa perbuatan)

Apa sih,... dosa dosa tersebut,..?
      Sebelum membahasnya,.. mari kita lirik sedikit dalil dari Al-kitab dan kita jadikan sudut pandang,. Sebagaimana penilaian ummat kristen yang selalu berkata “kitabku begini maka aku begini, kitabku begitu maka aku begitu”


Ulangan 24:16 Janganlah ayah dihukum mati karena anaknya, janganlah juga anak dihukum mati karena ayahnya; setiap orang harus dihukum mati karena dosanya sendiri


Berdasarkan dalil tersebut saja,. Sebenarnya jika kristen benar benar menjadikan Al-kitab sebagai sudut pandang, maka mereka Sudah pasti menolak doktrin Penebusan dosa  tersebut.

Faktanya,.. 


            Dosa Waris,. 


Kepercayaan dosa waris berasal dari kesalahan Nabi adam, yaitu melanggar ketetapan Allah dengan memakan buah apel (Buah kuldi dalam islam) sehingga Allah mengusir Adam  (manusia) dari surga. Kristen sagat meyakini bahwa dosa Adam tersebutlah penyebab (hukuman dari Allah). Akibatnya manusia harus berada dibumi, merasakan hidup dan mati, dan menanggung dosa. Kristen percaya bahwa jika Adam tidak melakukan dosa tersebut maka sudah pasti seluruh manusia masih berada di surga,.


Teori tersebut diambil dari Al-kitab

 "Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa" (Roma 5:19)


Dari penjelasan tersebut,. Maka muncullah pemikiran yang kurang tepat dari sudut pandang kristen yaitu,. Adanya kepercayaan bahwa seluruh manusia sudah memiliki dosa semenjak dia lahir ke dunia ini, Intinya saat lahir,.. manusia sudah otomatis memiliki dosa waris atau mewarisi dosa yang dilakukan Adam. Itu sebabnya harus ada 

PENEBUSAN DOSA



“Jika pemahaman kristen tersebut kurang tepat, lalu bagaimana yang benar,.?”
Inilah sudut pandang kebenarannya,.. masih berasal dari Alkitab, Alkitab mengatakan bahwa Allah menjadikan manusia dengan segala ciptaanNya dalam keadaan baik karena Ia Maha-Baik. Dalam satu pasal awal yang pendek saja dari Kitab Kejadian, kita diberitah bahwa.
Allah melihat bahwa semuanya itu baik" 
 (Kejadian 1:21)

 "Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik" 
(Kejadian 1:31).



            Intinya menurut keyakinan kristen. Dosa waris adalah penyebab adanya dosa pribadi. namun yang benar menurut saya,. Theologi salah karena faktanya dosa waris tercipta dari kesalahan pribadi Adam ketika memakan buah terlarang. Kenapa begitu,..?


Jawabannya :
karena Adam memakan buah terlarang tersebut maka dia berdosa, nah,. Dosa Adam ini kategorinya adalah Dosa pribadi (dosa yang diakibatkan oleh perbuatan manusia itu sendiri).

*****************************************

Next,..

Dalam Al-Kitab dosa waris disebut dengan

 “Kutukan taurat”

Galatia 3:13

“Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat q  dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib! r "  


            Kronologi yang sebenarnya adalah,. Dosa Adam tersebut terjadi atas hasutan iblis untuk memakan buah terlarang. Menurut agama Kristen, Iblis adalah malaikat yang memberontak kepada Allah, sehingga dibuang dari sorga dan kemudian menghasut manusia untuk berdosa.

        Di dalam Alkitab Ibrani atau Alkitab bahasa Indonesia bagian Perjanjian Lama kata "Iblis" hanya dipakai di 3 kitab, yaitu

1.  Kitab 1 Tawarikh 
2.  Kitab Ayub
3.  Kitab Zakharia 

          yang merupakan terjemahan kata bahasa Ibrani: שטן (syatan atau "Setan"), yang berarti musuh. Di bagian Perjanjian Baru, Iblis disebutkan berusaha membawa manusia jauh dari Allah, malahan mencobai Yesus Kristus meskipun gagal dan diusir pergi oleh Yesus. Karenanya Iblis disebut sebagai musuh atau lawan bagi orang-orang Kristen. Kata Iblis dalam bagian Perjanjian Baru ini diterjemahkan dari bahasa Yunani: διάβολος (diabolos, artinya "pemfitnah', "penghasut") yang dalam bahasa Inggris disebut devil.


Singkatnya adalah

IBLIS ADALAH PENCIPTA DOSA

Intinya:

            Jika yesus yang dikatakan sebagai Tuhan telah menebus dosa masusia,.. artinya Tuhan telah menebus dosa kepada iblis.


            Untuk membuktikan bahwa PENEBUSAN DOSA tidak pernah terjadi, dan tidak pernah terbukti,. Maka kita sedikit kembali pada topik sebelumnya,.

Sebelumnya telah jelas dijelaskan bahwa yang Yesus tebus adalah DOSA WARIS atau KUTUKAN TAURAT

  berdasarkan dalil dalam Al-Kitab 

“Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat q  dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib! r " 

_________________________________*Logika*_________________________________


            Menurut keyakinan kristen, Semua dosa waris atau kutukan taurat sudah ditebus pada saat Yesus disalipkan.

Ingat,.. sudah ditebus artinya sudah tidak ada dosa.

Dan kesimpulannya adalah,..



**********,....jeng,... jeng,.... jeng,....**********



       Jika Sudah tidak ada dosa,.. 

Maka seharusnya Semua manusia sudah tidak ada lagi yang menaggung dosa waris,.

    Artinya semua manusia harusnya sudah kembali ke surga,. Karena seperti yang kita bahas diatas,. Bahwa kita berada dibumi ini, didunia ini merasakan hidup dan mati,. Adalah hanya karena imbas atau efek dari hukuman atas pelanggaran Adam,..


Maka dengan ini saya nyatakan:


_______________________________________________________________________
 
TERBUKTILAH DOKTRIN PENEBUSAN DOSA SUDAH GAGAL,. KARENA SEKALIPUN DOSA SUDAH DITEBUS,. TERNYATA TIDAK MAMPU MENGEMBALIKAN PERADABAN MANUSIA KE SURGA. YAITU TEMPAT PERADABAN ADAM SEBELUM MELAKUKAN DOSA.
_______________________________________________________________________



Anda bingung,.. lalu untuk apa manusia masih hidup di dunia ini,.?

Al-Kitab mungkin tidak mampu menjelaskannya.
Jika itu terjadi pada anda, maka saya rekomendasikan untuk menghilangkan segala dogma dan doktrin dalam pikiran anda,.. sejujurnya untuk sekarang ini anda tidak perlu masuk islam,.. tapi harusnya anda “back to the real of jesus” lakukan SEGALA YANG YESUS PERINTAHKAN,.. ingat,. HANYA YESUS,.. maka saya yakin jika itu anda terapkan,. Maka dengan sendirinya anda akan menjadi orang muslim.



Untuk Kristen,.. jawablah 1 pertanyaan jika anda orang yang benar

Jika Yesus dilahirkan untuk menebus dosa asal dari Adam, tentu Yesus haruslah sangat paham terkait misinya datang ke dunia atas nama Adam................. Nah,.. pertanya adalah.

Dibagian Al-Kitab manakah Yesus pernah menyebut-nyebut nama Adam, dan mengajarkan seluk beluk tentang dosa waris yang akan ditebusnya itu,..?





 
________________________**Dalil dalam Al-Qur’an**________________________



1.   Allah Azza wa Jalla berfirman:

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِن بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ
“Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab, kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa yang ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya.” [Ali ‘Imran: 19]

2.   Allah Azza wa Jalla berfirman:

أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ
“Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang ada dilangit dan di bumi berserah diri kepada-Nya, (baik) dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada-Nya-lah mereka dikembalikan ?” [Ali ‘Imran: 83]

3.   Allah Azza wa Jalla juga berfirman:

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ
“Dan barangsiapa mencari agama selain agama Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.” [Ali ‘Imran: 85]

4.    Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

َاْلإِسْلاَمُ يَعْلُوْ وَلاَ يُعْلَى.
“Islam itu tinggi dan tidak ada yang mengalahkan ketinggiannya.” [2]

5.   Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَدَّ كَثِيرٌ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يَرُدُّونَكُم مِّن بَعْدِ إِيمَانِكُمْ كُفَّارًا حَسَدًا مِّنْ عِندِ أَنفُسِهِم مِّن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ الْحَقُّ ۖ فَاعْفُوا وَاصْفَحُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
“Banyak di antara ahli Kitab menginginkan sekiranya mereka dapat mengembalikan kamu setelah kamu beriman menjadi kafir kembali, karena rasa dengki dari dalam diri mereka, setelah kebenaran jelas bagi mereka. Maka maafkanlah dan berlapang dadalah, sampai Allah memberikan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” [Al-Baqarah: 109]

6.   Allah Azza wa Jalla berfirman:

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَاللَّهُ شَهِيدٌ عَلَىٰ مَا تَعْمَلُونَ قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ اللَّهِ مَنْ آمَنَ تَبْغُونَهَا عِوَجًا وَأَنتُمْ شُهَدَاءُ ۗ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تُطِيعُوا فَرِيقًا مِّنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ يَرُدُّوكُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ كَافِرِينَوَكَيْفَ تَكْفُرُونَ وَأَنتُمْ تُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ آيَاتُ اللَّهِ وَفِيكُمْ رَسُولُهُ ۗ وَمَن يَعْتَصِم بِاللَّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
“Katakanlah (Muhammad), ‘Wahai ahli Kitab! Mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, padahal Allah Maha Menyaksikan apa yang kamu kerjakan?’ Katakanlah (Muhammad), ‘Wahai ahli Kitab! Mengapa kamu menghalang-halangi orang-orang yang beriman dari jalan Allah, kamu menghendakinya (jalan Allah) bengkok, padahal kamu menyaksikan?’ Dan Allah tidak lengah terhadap yang kamu kerjakan. Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu mengikuti sebagian dari orang-orang yang diberi al-Kitab, niscaya mereka akan mengembalikanmu menjadi orang kafir setelah beriman. Dan bagaimana kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepadamu, dan Rasul-Nya (Mu-hammad) pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.’” [Ali ‘Imran: 98-101]

7.   Kesesatan ini telah dibantah oleh Allah dalam Al-Qur-an:

وَقَالُوا لَن يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَن كَانَ هُودًا أَوْ نَصَارَىٰ ۗ تِلْكَ أَمَانِيُّهُمْ ۗ قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَبَلَىٰ مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِندَ رَبِّهِ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
“Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata, ‘Tidak akan masuk Surga kecuali orang-orang Yahudi atau Nasrani.’ Itu (hanya) angan-angan mereka. Katakanlah, ‘Tunjukkan bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang-orang yang benar. Tidak! Barangsiapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, dan ia berbuat baik, dia mendapat pahala di sisi Rabb-nya dan tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.’” [Al-Baqarah: 111-112]

8.   Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَقَالُوا كُونُوا هُودًا أَوْ نَصَارَىٰ تَهْتَدُوا ۗ قُلْ بَلْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۖ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
“Dan mereka berkata, ‘Jadilah kamu (penganut) Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk.’ Katakanlah, ‘(Tidak!) tetapi (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan dia tidak termasuk orang yang mempersekutukan Allah.” [Al-Baqarah: 135]

9.   Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ
“Dan janganlah kamu campuradukkan kebenaran dengan kebathilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya.” [Al-Baqarah: 42]

10. Allah Azza wa Jalla berfirman:

قَاتِلُوا الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَا بِالْيَوْمِ الْآخِرِ وَلَا يُحَرِّمُونَ مَا حَرَّمَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَلَا يَدِينُونَ دِينَ الْحَقِّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ حَتَّىٰ يُعْطُوا الْجِزْيَةَ عَن يَدٍ وَهُمْ صَاغِرُونَ
“Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan hari Kemudian dan mereka yang tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan mereka yang tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang telah diberikan Al-Kitab hingga mereka membayar jizyah (pajak) dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.” [At-Taubah: 29]

11.             Mereka tidak henti-hentinya senantiasa berusaha siang dan malam memurtadkan umat Islam, sebagaimana Allah berfirman :

وَلَا يَزَالُونَ يُقَاتِلُونَكُمْ حَتَّىٰ يَرُدُّوكُمْ عَن دِينِكُمْ إِنِ اسْتَطَاعُوا
“…Mereka tidak akan berhenti memerangi kamu sampai kamu murtad (keluar) dari agamamu, jika mereka sanggup…” [Al-Baqarah: 217]

Sekian dari saya,.. semoga tulisan ini bermanfaat dan mampu mengembalikan anda kepada tuhan anda yang sebenarnya,.. ingatlah... Baik islam ataupun Kristen hanyalah sebuah organisasi yang dibuat untuk mengembalikan kita pada 1 tuhan yang ESA. Camkan baik baik bahwa akal dan pikiran ini, logika ini adalah ciptaan Tuhan,.. kelebihan yang diberikan Tuhan kepada kita yang membedakan kita dari mahluk ciptaan lain. Agar kita mampu berpikir, sudah seharusnya Logika membawa kita kembali kepada penciptanya,.. So,. Jika agama anda tidak masuk akal,.. maka harusnya anda tau yang harus anda lakukan,..



Percaya tidak percaya,.. kembali pada anda,..



   Untukmu agamamu,.. untukkulah agamaku

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Tuan Berubah Menjadi Tuhan (dalam bibel)

Yesus hanya diutus kepada bani israel - Bukti Alkitabiyah

YOHANES 13:13 TUHAN atau Tuan