Mengenal Nama EL (Membantah Nama ALLAH setaraf Nama EL)


Assalaamu'alaykum
 HaSyalom 'alaykhem
II. אֵל n.m. (also, in n.pr. אֶל, אֱלִי; Sam. אל, Ph. אל, אלן (i.e. prob. אֵלֹן), Sab. אל, DHM:Or. Congr. Leiden, 1883, As. ilu, Dl:w; perhaps also Ar., Aram. cf. Nö:l. c.; on goddess אלת Ph. Palm. Nab. Sab. (also אלהת) DHM:l. c; Ar. ÀilaÀhah:un (pl. ÀilaÀhat) Fl:kl. Schr. i. 154, As. Allatu Jr:66, Syr. ÀalohotaÀ, cf. also Bae:Rel 58, 90, 97, 271, 207)
Brown-Driver-Briggs Hebrew-English lexicon (unabridged):538 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama EL, atau ILU (akkadia) atau IL (ancient aramaic) adalah nama yang dipercaya sebagai sebutan sekaligus Nama diri TUHAN yang diseru oleh Nabi-Nabi Patriach, avraham,Ismael,Ishaq,Yakub.... Nama ini juga di gunakan paganisme era babilonia,untuk memanggil berhala mereka, sehingga avraham/ibrahim diutus untuk memurnikan dan mentauhidkan EL/ILU/IL tersebut...
[ALP] Exodus 6:3 וָאֵרָא אֶל-אַבְרָהָם אֶל-יִצְחָק וְאֶל-יַעֲקֹב בְּאֵל שַׁדָּי וּשְׁמִי יְהוָה לֹא נוֹדַעְתִּי לָהֶם
wa-eraa (dan Aku telah Nampak) el avraham (kepada ibrahim) el Yitschaq (kepada Ishaq) we-el ya'aqov (dan kepada Yakub) beEL SYADAAY (dengan EL SYADDAY) u-Syemi (dan Nama-Ku) Adonay (YHWH) lo (Tidak) noda'ti (Aku memberitahukan) lahem (kepada mereka)
EL SYADAY (Ilu shaddu in akkadia) adalah membuktikan bahwa bahasa di zaman avraham/ibrahim itu sezaman dengan Hamurabbi,mengunakan bahasa akkadia.
lalu bagaimana dengan Nama YHWH yang ada pada ayat-ayat di sefer beresyit yang awal, harus kita pahami bahwa sefer hatorah mosyeh yang berjumlah lima ini ditulis dalam huruf ibrani, dan tentu dari awal sampai penutup nya tertulis Nama YHWH.
Nama EL bisa di gunakan untuk selain Pencipta... bahkan memiliki "plural"
Kata sifat אֵ֣יל גֹּויִ֑ם Eyl Goyyim "yang perkasa ,diantara bangsa-bangsa" (Yehezkiel:31:11) אֵ֣ל גִּבֹּ֔ור El Gibbor "seorang yang kuat lagi perkasa" (Yesya'yah:9:5)
Para Malaikat (Benei Elim) [ALP] Psalms 29:1 מִזְמוֹר לְדָוִד הָבוּ לַיהוָה בְּנֵי אֵלִים הָבוּ לַיהוָה כָּבוֹד וָעֹז
Mizmor le-daavid haavu laAdonaay benei ELim haavu la-Adonaay kaavod waa'oz
Zabur 29:1 Zabur Daud. Persembahkanlah kepada ALLAH, hai makhluk-makhluk ilahi,persembahkanlah kepada ALLAH kemuliaan dan kekuatan! (lihat juga di Mazmur:89:7)
El Elim (El nya para El) עַל־כָּל־אֵ֔ל וְעַל֙ אֵ֣ל אֵלִ֔ים 'al kol El we-'al El Elim diatas segala dewa (el) dan diatas Tuhan para Dewa (Daniel:11:36)
Elim (Ilah-Ilah lain) מִֽי־כָמֹ֤כָה בָּֽאֵלִם֙ יְהוָ֔ה Mi kaamokhaa baElim Adonaay (siapa yang seperti Engkau di antara Para ilah wahai ALLAH) (Syemot:15:11)
El merujuk ke Ilah lain Yesya'yah:43:10 לְפָנַי֙ לֹא־נֹ֣וצַר אֵ֔ל lefaanay lo notsar EL "di HadapanKu tidak ada El dibentuk..." (lihat juga di Yesya'yah:44:10,15,17, 46:6)
El Acher (Ilah lain) Syemot:34:14 כִּ֛י לֹ֥א תִֽשְׁתַּחֲוֶ֖ה לְאֵ֣ל אַחֵ֑ר ki lo tisytachaweh le-EL ACHER "sebab janganlah kamu menyembah kepada EL yang lain" El Nekhar (El orang asing) [ALP] Deuteronomy 32:12 יְהוָה בָּדָד יַנְחֶנּוּ וְאֵין עִמּוֹ אֵל נֵכָר
Adonaay baadaad yanchennuu we-eyn 'immo EL NEKHAAR Ulangan 32: 12 (SB2010) demikianlah ALLAH sendiri menuntun dia dan tidak ada ilah asing menyertai dia.
Harrey El (gunung-gunung yang kuat) צִדְקָֽתְךָ֨׀ כְּֽהַרְרֵי־אֵ֗ל Tsidqaatkhaa ka-Harrey El "KebenaranMu seperti Gunung-gunung yang kuat" (Mazmur:36:6)
Arzey-El (Pohon-pohon aras yang kuat) כָּסּ֣וּ הָרִ֣ים צִלָּ֑הּ וַ֝עֲנָפֶ֗יהָ אַֽרְזֵי־אֵֽל׃ kaassu haariim tsillah wa-'anaafeyhaa arzey-El Mazmur 80:10 (SB2010) (80-11) Gunung-gunung ternaungi oleh bayang-bayangnya, dan pohon-pohon aras yang kuat oleh cabang-cabangnya.
Khokhevei-El (Bintang-Bintang El) Yes 14:13 וְאַתָּ֞ה אָמַ֤רְתָּ בִֽלְבָבְךָ֙ הַשָּׁמַ֣יִם אֶֽעֱלֶ֔ה מִמַּ֥עַל לְכֹֽוכְבֵי־אֵ֖לאָרִ֣ים כִּסְאִ֑י וְאֵשֵׁ֥ב בְּהַר־מֹועֵ֖ד בְּיַרְכְּתֵ֥י צָפֹֽון׃ we-ataah aamartaa bi-levaavkhaa ha-syaamayim e'eleh mima'al le-khokhevey-El aariim kisii we-esyev be-har mo'ed be-yarketey tsaafon Yesaya 14:13 (SB2010) Engkau tadinya berkata dalam hatimu, Aku hendak naik ke langit. Aku hendak meninggikan takhtaku mengatasi bintang-bintang EL. Aku hendak duduk di gunung pertemuan, di ujung sebelah utara.
inilah EL yang merujuk kepada Pencipta... HaEl (Sang El) Kej 46:3 וַיֹּ֕אמֶר אָנֹכִ֥י הָאֵ֖ל אֱלֹהֵ֣י אָבִ֑יךָ אַל־תִּירָא֙ מֵרְדָ֣ה מִצְרַ֔יְמָה כִּֽי־לְגֹ֥וי גָּדֹ֖ול אֲשִֽׂימְךָ֥ שָֽׁם׃ wayyomer Aanokhi HaaEl aavikhaa al tiraa merdaah mistraymaah ki-legoy gadol asiimkhaa syaam Kejadian 46:3 (SB2010) Firman-Nya, "Akulah Ha-El, ayahmu. Jangan takut pergi ke Mesir, karena Aku akan menjadikan engkau suatu bangsa yang besar di sana.
Ha El Neemaan (Al Ilahul Amiin) [ALP] Deuteronomy 7:9 וְיָדַעְתָּ כִּי-יְהוָה אֱלֹהֶיךָ הוּא הָאֱלֹהִיםהָאֵל הַנֶּאֱמָן
we-yaada'taa ki-Adonaay Eloheykhaa hu HaaElohim HaaEl Ha-Neemaan Ulangan 7:9 (SB2010) Sebab itu ketahuilah bahwa ALLAH, Tuhanmu, Dialah Al Ilah (Ha-Elohim), Ha El yang setia,
Ha-El Ha-Gadol Ha-Gibor we Ha-noraa (Al Ilahul Kabirul Jabbar wal muhiib) [ALP] Deuteronomy 10:17 כִּי יְהוָה אֱלֹהֵיכֶם הוּא אֱלֹהֵי הָאֱלֹהִים וַאֲדֹנֵי הָאֲדֹנִים הָאֵל הַגָּדֹל הַגִּבֹּר וְהַנּוֹרָא
Ki Adonaay Eloheykhem Hu Elohey HaElohim wa-Adoney Ha-Adonim HaEl Hagaadol Hagibor we Hanora Ulangan 10:17 (SB2010) ALLAH, Ilah-mu, adalah Ilah segala Para Ilah, Rabb segala Para Rabb, Sang Tuhan yang besar, perkasa, dan dahsyat,
Ha-El HaQadosy (Al Ilahul Qudus) [ALP] Isaiah 5:16 וְהָאֵל הַקָּדוֹשׁ נִקְדָּשׁ בִּצְדָקָה
we-HaEl Haqaadosy Niqdaasy bi-tsedaaqaah Yesaya 5:16 dan Ha El HaQadosy akan menyatakan Qadosy-Nya dalam kebenaran.
Ha-El YHWH Bore Syamaayim (Al Ilah,ALLAHul Kholiqus samaawat) [ALP] Isaiah 42:5 כֹּה-אָמַר הָאֵל יְהוָה בּוֹרֵא הַשָּׁמַיִם
Koh Amar HaaEl Adonaay Bore HaSyaamayim Yesaya 42:5 Beginilah firman Al Ilah, ALLAH yang menciptakan langit
Eli (Ilahi) [ALP] Exodus 15:2 עָזִּי וְזִמְרָת יָהּ וַיְהִי-לִי לִישׁוּעָה זֶה אֵלִי וְאַנְוֵהוּ אֱלֹהֵי אָבִי וַאֲרֹמְמֶנְהוּ
'Azzi we-zimrat Yaah wa-yehi-li li-ysyu'aah zeh ELI we-anwehu Elohey Aavi wa-arommenhu Keluaran 15:2 (SB2010) ALLAH itu kekuatanku dan puji-pujianku, Ia telah menjadi keselamatanku. Dialah Tuhanku (Eli), aku hendak memuji Dia, Dia Tuhan ayahku, aku hendak meninggikan Dia.
El Avikha (Il Ayahmu) [ALP] Genesis 49:25 מֵאֵל אָבִיךָ
Me-El Aviikhaa (dari EL ayahmu) El Yisrael (Il Isrooil) [ALP] Psalms 68:36 אֵל יִשְׂרָאֵל הוּא נֹתֵן עֹז וְתַעֲצֻמוֹת לָעָם בָּרוּךְ אֱלֹהִים
El Yisrael Hu Noten we-ta'atsumot la'am Barukh Elohim
Mazmur 68:35 (68-36) Ya EL, Engkau dahsyat dalam tempat suci-Mu! yang dipuja bani Israil mengaruniakan kekuatan dan kuasa kepada umat-Nya. Segala puji bagi Elohim!
El Ya'aqob (Il Ya'aqov) [ALP] Psalms 146:5 אַשְׁרֵי שֶׁאֵל יַעֲקֹב בְּעֶזְרוֹ שִׂבְרוֹ עַל-יְהוָה אֱלֹהָיו
Asyreey Sye-EL ya'aqov be-'ezro syivro 'al Adonaay Elohayv
Mazmur 146:5 (SB2010) Berbahagialah orang yang penolongnya adalah EL yang disembah Yakub, yang menaruh harapannya kepada ALLAH (YHWH), Tuhannya.
El Ha-Syamayim (Ilu Samaawat) [ALP] Psalms 136:26 הוֹדוּ לְאֵל הַשָּׁמָיִם כִּי לְעוֹלָם חַסְדּוֹ
Hodu le-El Hasyaamaayim ki-le 'olam chasdo Mazmur 136:26 (SB2010) Mengucap syukurlah kepada EL semesta langit, kasih-Nya kekal selama-lamanya.
El Sal'i (El,Gunung batuku) [ALP] Psalms 42:10 אוֹמְרָה לְאֵל סַלְעִי לָמָה שְׁכַחְתָּנִי לָמָּה-קֹדֵר אֵלֵךְ בְּלַחַץ אוֹיֵב
omerah le-EL SAL'I laamaah syekhachtaani lammah qoder-elekh be-lachats oyev Mazmur 42:9 (SB2010) (42-10) Aku hendak berkata kepada EL, bukit batuku, "Mengapa Engkau melupakan aku? Mengapa aku harus berjalan sambil berkabung sebab penindasan musuh? "
El Ro'i (El yang telah melihatku) [ALP] Genesis 16:13 וַתִּקְרָא שֵׁם-יְהוָה הַדֹּבֵר אֵלֶיהָ אַתָּה אֵל רֳאִיכִּי אָמְרָה הֲגַם הֲלֹם רָאִיתִי אַחֲרֵי רֹאִי
watiqraa syem Adonaay hadover eleyha attah EL ROOI ki amraah hagam halom raiitii acharey roii Kejadian 16:13 (SB2010) Lalu Hajar menyebut nama ALLAH yang berfirman kepadanya itu "Engkaulah El Yang Memperhatikan, " karena katanya, "Sungguhkah di sini kulihat Dia yang memperhatikan aku? "
El Hakaavod (El Yang Mulia) [ALP] Psalms 29:3 קוֹל יְהוָה עַל-הַמָּיִם אֵל-הַכָּבוֹד הִרְעִים יְהוָה עַל-מַיִם רַבִּים
Qol Adonaay 'al hammayim EL HAKAAVOD hir'im Adonaay 'al mayim rabiim
Mazmur 29:3 (SB2010) Suara ALLAH di atas air,ELYang Mahamulia mengguruh, ALLAH, di atas limpahan air. El De'ot (El Yang Mengetahui) [ALP] 1 Samuel 2:3 אַל-תַּרְבּוּ תְדַבְּרוּ גְּבֹהָה גְבֹהָה יֵצֵא עָתָק מִפִּיכֶם כִּי אֵל דֵּעוֹת יְהוָה ולא )וְלוֹ( נִתְכְּנוּ עֲלִלוֹת
al-tarbu tedabro gevohah yetse 'ataq mipiykhem ki EL DE'OT Adonay welo nitekhnu 'alilot
1 Samuel 2:3 (SB2010) Jangan terus-menerus bicara dengan begitu sombong, jangan keluar dari mulutmu kecongkakan, karena ALLAH itu EL Yang Maha tahu dan oleh-Nya perbuatan-perbuatan manusia ditimbang.
El 'Olam (El Yang Kekal) [ALP] Genesis 21:33 וַיִּטַּע אֶשֶׁל בִּבְאֵר שָׁבַע וַיִּקְרָא-שָׁם בְּשֵׁם יְהוָה אֵל עוֹלָם
wayyitha' esyel bi-beer syava' wayyiqraa syaam be-Syem Adonaay EL 'OLAAM
Kejadian 21:33 (SB2010) Ibrahim menanam sebatang pohon tamariska di Bersyeba, dan menyerukan di sana nama ALLAH, EL Yang Kekal.
El Yesyu'ati (El itu keselamatanku) [ALP] Isaiah 12:2 הִנֵּה אֵל יְשׁוּעָתִי אֶבְטַח וְלֹא אֶפְחָד כִּי-עָזִּי וְזִמְרָת יָהּ יְהוָה וַיְהִי-לִי לִישׁוּעָה
hinneh EL YESYU'ATI evtach we-lo afchad ki-'azzi we-zimrat ADONAY ELOHIM wa-yehi li li-ysyu'aah
Yesaya 12:2 (SB2010) Sesungguhnya, EL adalah keselamatanku. Aku percaya dan tidak gentar, karena ALLAH, ALLAH sajalah, kekuatanku dan puji-pujianku. Ia telah menjadi keselamatanku. "
El Chayyaay (El itu hidupku)
[ALP] Psalms 42:9 יוֹמָם יְצַוֶּה יְהוָה חַסְדּוֹ וּבַלַּיְלָה שִׁירֹה עִמִּי תְּפִלָּה לְאֵל חַיָּי
Yomam Yetsawweh Adonaay chasdoo u-balaylah syiroh 'immi tefillah leEL CHAYYAAY
Mazmur 42:8 (SB2010) (42-9) Pada siang hari ALLAH memerintahkan kasih abadi-Nya, dan pada malam hari nyanyian-Nya menyertai aku, suatu doa kepada EL kehidupanku.
El Emet (El Yang benar)
[ALP] Psalms 31:6 בְּיָדְךָ אַפְקִיד רוּחִי פָּדִיתָ אוֹתִי יְהוָה אֵל אֱמֶת
beyaadkha afqiid ruchii paadiita otay Adonaay EL EMET
Mazmur 31:5 (SB2010) (31-6) Ke dalam tangan-Mu kuserahkan nyawaku. Engkau telah menebus aku, ya ALLAH, El yang benar.
El Emunah (El Yang Terpercaya)
[ALP] Deuteronomy 32:4 הַצּוּר תָּמִים פָּעֳלוֹ כִּי כָל-דְּרָכָיו מִשְׁפָּטאֵל אֱמוּנָה וְאֵין עָוֶל צַדִּיק וְיָשָׁר הוּא
Hatsur Tamim pa'olo ki kol derakhayv misypath EL EMUNAH we-eyn 'awel tsadiq we-yasyar Hu
Ulangan 32:4 (SB2010) Gunung Batu yang sempurna pekerjaan-Nya karena adil segala jalan-Nya. EL yang TERPERCAYA, tanpa kecurangan. Ia adil dan benar.
El Neqamot (El Yang Membalas)
[ALP] Psalms 94:1 אֵל-נְקָמוֹת יְהוָה אֵל נְקָמוֹת הוֹפִיעַ
EL NEQAMOT ADONAY EL NEQAMOT HOFI'A
Mazmur 94:1 (SB2010) Ya Tuhan yang membalas, ya ALLAH, ya Tuhan yang membalas, bersinarlah!
El Gemulot (El Yang membalas)
[ALP] Jeremiah 51:56 כִּי בָא עָלֶיהָ עַל-בָּבֶל שׁוֹדֵד וְנִלְכְּדוּ גִּבּוֹרֶיהָ חִתְּתָה קַשְּׁתוֹתָם כִּי אֵל גְּמֻלוֹת יְהוָה שַׁלֵּם יְשַׁלֵּם
Ki vaa 'aleyhaa 'al bavel syoded we-nilkedu giboreyha chitetah qasytotam ki El GEMULOT Adonaay syalem Yesyallem
Yeremia 51:56 (SB2010) Pembinasa datang menyerang dia, ya, menyerang Babel. Para kesatrianya akan ditangkap dan busur-busurnya akan dihancurkan, sebab ALLAH adalah EL yang pembalas. Ia pasti mengadakan pembalasan.
El Echad (El Yang Esa)
[ALP] Malachi 2:10 הֲלוֹא אָב אֶחָד לְכֻלָּנוּ הֲלוֹא אֵל אֶחָד בְּרָאָנוּ מַדּוּעַ נִבְגַּד אִישׁ בְּאָחִיו לְחַלֵּל בְּרִית אֲבֹתֵינוּ
haloo av Echad le-kullanu halo EL ECHAD beraanu madu'a nivgad isy be-achiyv lehallel berit avoteynu
Maleakhi 2:10 (SB2010) Bukankah kita semua sebapak? Bukankah SATU EL yang menciptakan kita? Mengapa kita saling mengkhianati dengan menistakan perjanjian nenek moyang kita?
El Gadol (El Yang Besar)
[ALP] Psalms 95:3 כִּי אֵל גָּדוֹל יְהוָה וּמֶלֶךְ גָּדוֹל עַל-כָּל-אֱלֹהִים
ki EL GADOL Adonaay u-melekh Gadol 'al kol Elohim
Mazmur 95:3 (SB2010) ALLAH adalah EL yang mahabesar! Ia adalah Raja yang besar di atas segala ilah.

El Mistater (El Yang Menyembunyikan Diri-Nya / Ghaib)
[ALP] Isaiah 45:15 אָכֵן אַתָּה אֵל מִסְתַּתֵּר אֱלֹהֵי יִשְׂרָאֵל מוֹשִׁיעַ
Akhen attah EL MISTATER Elohey Yisrael Mosyi'a
Yesaya 45:15 (SB2010) Sesungguhnya, Engkau adalah EL yang menyembunyikan diri, wahai Tuhan yang disembah bani Israil, Penyelamat.
El Rachum (El Yang Maha Pengasih)
[ALP] Psalms 86:15 וְאַתָּה אֲדֹנָי אֵל-רַחוּם וְחַנּוּן אֶרֶךְ אַפַּיִם וְרַב-חֶסֶד וֶאֱמֶת
we-Attah Adonaay EL RACHUUM we-Chanun erekh apayim we-Rav-Chesed we Emet
Mazmur 86:15 (SB2010) Tetapi Engkau, ya Rabbi (Adonay), adalah El Yang Maha Pengasih (Rachum) dan Maha Penyayang , panjang sabar serta berlimpah kasih abadi dan setia.
El Nose (El Yang Maha Pengampun)
[ALP] Psalms 99:8 יְהוָה אֱלֹהֵינוּ אַתָּה עֲנִיתָם אֵל נֹשֵׂא הָיִיתָ לָהֶם וְנֹקֵם עַל-עֲלִילוֹתָם
Adonaay Eloheynu attah 'anitam EL NOSEE haayiita lahem we-noqem 'al - 'alilotam
Mazmur 99:8 (SB2010) Ya ALLAH (YHWH), ya Tuhan kami, Engkau telah menjawab mereka. Engkau adalah (El Nose) Tuhan yang maha pengampun bagi bani Israil, sungguhpun Engkau membalas perbuatan-perbuatan mereka.
El Chanun (El yang Maha Ramah)
[ALP] Nehemiah 9:31 וּבְרַחֲמֶיךָ הָרַבִּים לֹא-עֲשִׂיתָם כָּלָה וְלֹא עֲזַבְתָּם כִּי אֵל-חַנּוּן וְרַחוּם אָתָּה
u-beRachameykhaa haarabim lo-'asitam kaalaah we-lo 'azavtam ki EL CHANUN we-Rachum attah
Nehemia 9:31 (SB2010) Namun, karena kasih sayang-Mu yang besar Engkau tidak menghabisi mereka dan tidak meninggalkan mereka, sebab Engkaulah EL yang pengasih dan penyayang.
El Qanna (El Yang Maha Cemburu)
[ALP] Exodus 34:14 כִּי לֹא תִשְׁתַּחֲוֶה לְאֵל אַחֵר כִּי יְהוָה קַנָּא שְׁמוֹאֵל קַנָּא הוּא
ki lo tisytachaweh le-El acher, ki ADONAY Qanna syemo EL QANNA hu
Keluaran 34:14 (SB2010) Engkau tidak boleh sujud menyembah ilah lain, karena ALLAH yang nama-Nya Penuntut Kesetiaan, adalah Tuhan yang tidak mau diduakan.
El Chayy (El Yang Maha Hidup)
[ALP] Psalms 42:3 צָמְאָה נַפְשִׁי לֵאלֹהִים לְאֵל חָי מָתַי אָבוֹא וְאֵרָאֶה פְּנֵי אֱלֹהִים
Tsaamah nafsyi le-Elohim le El Chayy maatay Avo we-araaeh peney Elohim
Mazmur 42:2 (SB2010) (42-3) Jiwaku haus kepada Elohim, kepada El yang hidup. Kapankah aku boleh masuk menghadap hadirat Elohim?
El Tsadiq (El Yang Maha Benar)
[ALP] Isaiah 45:21 הַגִּידוּ וְהַגִּישׁוּ אַף יִוָּעֲצוּ יַחְדָּו מִי הִשְׁמִיעַ זֹאת מִקֶּדֶם מֵאָז הִגִּידָהּ הֲלוֹא אֲנִי יְהוָה וְאֵין-עוֹד אֱלֹהִים מִבַּלְעָדַיאֵל-צַדִּיק וּמוֹשִׁיעַ אַיִן זוּלָתִי
"Hagidu we-hagisyu af yiwwa'atsu yachdaw mi hisymi'a zot miqedem meaz higidah halo Ani ADONAY we-eyn 'od elohim mibal'adayv EL TSADIQ u-Mosyi'a ayin zulati"
Yesaya 45:21 (SB2010) Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu! Ya, biarlah mereka berunding bersama-sama. Siapakah yang mengabarkan hal ini sejak zaman dahulu, yang memberitahukannya sejak dahulu? Bukankah Aku, ALLAH? Tidak ada tuhan lain selain Aku, EL yang benar dan Penyelamat. Tidak ada yang lain selain Aku.
El Chafets Rosye' (El yang anti kejahatan)
[ALP] Psalms 5:5 כִּי לֹא אֵל חָפֵץ רֶשַׁע אָתָּה לֹא יְגֻרְךָ רָע
ki lo EL CHAFETS RESYA' attah lo yegurkha ra'
Mazmur 5:4 (SB2010) (5-5) Engkau bukanlah EL yang berkenan akan kefasikan. Orang jahat tidak dapat tinggal di hadirat-Mu.
El Syadday (El Yang Maha Kuasa)
[ALP] Genesis 17:1 וַיֵּרָא יְהוָה אֶל-אַבְרָם וַיֹּאמֶר אֵלָיו אֲנִי-אֵל שַׁדַּי
wayeraa Adonaay el avram wayyomer elayv Ani El Syadday
dan YHWH menampakkan diri kepada avraham, dan Berfirman kepadanya "Akulah EL SYADDAY" (Kejadian:17:1)
El 'Elyon (El Maha Tinggi)
[ALP] Genesis 14:22 וַיֹּאמֶר אַבְרָם אֶל-מֶלֶךְ סְדֹם הֲרִמֹתִי יָדִי אֶל-יְהוָה אֵל עֶלְיוֹן קֹנֵה שָׁמַיִם וָאָרֶץ
Wayyomer avram el melekh sedom harimoti yadi el Adonay EL 'ELYON qoneh syamayim wa-arets
Kejadian 14:22 (SB2010) Tetapi kata Abram kepada raja Sodom, "Aku telah bersumpah kepada ALLAH,El Yang Mahatinggi, Pemilik langit dan bumi,

El adalah Nama Pribadi= YHWH adalah Nama Pribadi
[ALP] Genesis 33:20 וַיַּצֶּב-שָׁם מִזְבֵּחַ וַיִּקְרָא-לוֹ אֵל אֱלֹהֵי יִשְׂרָאֵל
wayyatsev syam mizbecha wayyiqra lo EL Elohey Yisraael
Kejadian 33:20 (SB2010) Di sana ia mendirikan sebuah mazbah, yaitu tempat pembakaran kurban, dan menamainya "EL adalah Tuhan yang disembah Israil".
[ALP] Exodus 5:1 יְהוָה אֱלֹהֵי יִשְׂרָאֵל
YHWH Elohey Yisrael Keluaran 5:1 (SB2010) YHWH, Tuhan yang disembah bani Israil,

El adalah sembahan Para Ruh Manusia = YHWH
[ALP] Numbers 16:22 אֵל אֱלֹהֵי הָרוּחֹת לְכָל-בָּשָׂר
El Elohey Haruchot le-khol basar
Bilangan 16:22 (SB2010) Ya EL, Tuhan atas ruh semua manusia!
[ALP] Numbers 27:16 יְהוָה אֱלֹהֵי הָרוּחֹת לְכָל-בָּשָׂר
YHWH Elohey Haruchot le khol basar
Bilangan 27:16 (SB2010) "Biarlah YHWH, Tuhan atas ruh semua manusia,
EL Elohim YHWH
[ALP] Psalms 50:1 מִזְמוֹר לְאָסָף אֵל אֱלֹהִים יְהוָה דִּבֶּר וַיִּקְרָא-אָרֶץ מִמִּזְרַח-שֶׁמֶשׁ עַד-מְבֹאוֹ
Mizmor le-asaf EL ELOHIM YHWH diber wayyiqra arets mimizrach-syemesy 'ad-mevoo
Mazmur 50:1 (SB2010) Zabur Asaf. ALLAH (YHWH), Tuhan segala tuhan, berfirman dan memanggil bumi dari arah terbitnya matahari sampai ke arah terbenamnya.
dari semua ayat diatas, terbukti bahwa EL adalah sebagai Nama Pribadi,Nama Sifat dan gelar umum..... sedangkan Nama ALLH tidak ada dijadikan sebagai Nama sifat ataupun gelar umum....
dengan ayat-ayat diatas sudah jelas bahwa Nama EL itu masuk dalam arabiyya al qadima (ancient arabic) yaitu IL....
dan Nama EL ini masih melekat di dalam Al Qur'an, Isma'IL اسمعيل ישמעאל Yisyma'-EL --------- IsrooIL اسرءيل ישראל YisraEL --------- JibroIL جبرءيل\جبريل גבריאל Gavriel dst....
Bisakah Nama ALLH setaraf dengan Nama El??? Nama EL adalah Nama-Nya yang di wahyukan kepada para bapa Patriakh (Ibrahim,Isma'il,Ishaq dan Ya'qub PBUT) hal ini ditegaskan di dalam Al Qur'anul Kariim
ALLAH Berfirman::
٢_١٣٣ أَمْ كُنتُمْ شُهَدَآءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوبَ ٱلْمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيهِ مَا تَعْبُدُونَ مِنۢ بَعْدِى قَالُوا۟ نَعْبُدُ إِلَٰهَكَ وَإِلَٰهَ ءَابَآئِكَ إِبْرَٰهِـۧمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ إِلَٰهًۭا وَٰحِدًۭا وَنَحْنُ لَهُۥ مُسْلِمُونَ
האם נכחתם בנטות יעקב למות ,כאשר אמר לבניו , למי תעבדו לאחר מותי , אמרו נעבוד לאלהיך ואלהי אבותיך , אברהם וישמעאל ויצחק נעבוד לאל אחד ונהיה מתמסרים לו
ha-am nichtam benatoth Ya'aqov le-Mowt , ka-Asyer amar le-beneyv, lami ta'vodo le-acher mowti, amru:: NA'VOD LE-ELOHEYKHA WE ELOHEY AVOTEYKHA ,AVRAHAM WE-YISYMA'EL WE YITSCHAQ NA'VOD LE-EL ECHAD weNihyeh metamasarim lo Or were ye present when death came to Jacob, when he said unto his sons: What will ye worship after me? They said: We shall worship thy god, the god of thy fathers, Abraham and Ishmael and Isaac,One EL, and unto Him we have surrendered. [Mohammed Marmaduke William Pickthall]
Or were you witnesses when death approached Jacob, when he said to his sons, "What will you worship after me?" They said, "We will worship your God and the God of your fathers, Abraham and Ishmael and Isaac - one God. And we are Muslims [in submission] to Him." [Sahih International]
002:133 Adakah kamu hadir ketika Ya'qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".
Maha Benar ALLAH dengan segala Firman-Nya salam bagi kaum yang berlajar....
Sc: [talmidim-yeshiva]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Tuan Berubah Menjadi Tuhan (dalam bibel)

Yesus hanya diutus kepada bani israel - Bukti Alkitabiyah

YOHANES 13:13 TUHAN atau Tuan