BIBLE KATHOLIK VS BIBLE PROTESTAN


Discuss:

TOPIC: BIBLE KATHOLIK VS BIBLE PROTESTAN

Katolik dan Protestan sama-sama mengakui bahwa Bible adalah kitab suci mereka, tapi ternyata terdapat perbedaan yang cukup besar antara kedua versi kitab tersebut dimana kitab yang dipegang dan diyakini oleh Katolik berbeda dengan kitab yang dimiliki dan dipedomani Protestan. Simak beberapa perbedaannya berikut.

* Bible versi Katolik berjumlah 72 kitab, sedangkan Bible versi Protestan berjumlah 66 kitab. Jadi ada sekitar 6 kitab Bible versi Katolik yang tidak diakui oleh pihak Protestan

* Kitab Ester milik Katolik jauh lebih tebal dibandingkan kitab Ester milik Protestan. Kitab Ester versi Protestan berakhir sampai pasal 10, sedangkan kitab Ester versi Katolik berakhir sampai pasal 16. Total selisih selurunya adalah 91 ayat dimana 91 ayat tidak terdapat pada kitab Ester versi Protestan.

* Kitab Daniel milik Katolik lebih tebal dibandingkan kitab Daniel milik Protestan. Kitab Daniel versi Protestan berakhir sampai pasal 12, sedangkan kitab Daniel versi Katolik berakhir sampai pasal 14. Kitab Daniel pasal 3 versi Protestan hanya terdapat 30 ayat, sedangkan versi Katolik ada 90 ayat. Sehingga kitab Daniel milik Katolik lebih tebal 166 ayat dibandingkan kitab Daniel milik Protestan.

Pertanyaan:

1. Manakah yang benar firman Tuhan antara Bible versi Katolik dan Bible versi Protestan? Jika versi Katolik yang benar, berarti versi Protestan yang salah, begitu juga sebaliknya. Mustahil keduanya benar.

3. Jika Bible benar inspirasi Roh Kudus, apa yang menyebabkan inspirasinya berbeda antara Katolik dan Protestan?

4. Apakah kitab Ester dan kitab Daniel versi Protestan maupun Katolik ditulis oleh orang yang sama dan apa yang menyebabkan penulisnya memberi tulisan yang berbeda kepada Katolik dan Protestan?

5. Apa yang menyebabkan ketidak kompakan Katolik dan Protestan dalam hal jumlah Bible mereka sendiri?

6. Siapakah yang pertama kali memulai perbedaan ini, apakah Katolik yang menambah jumlah surat, pasal dan ayat Bible sebelumnya, atau kah Protestan yang cenderung mengurangi jumlah surat, pasal dan ayat Bible mereka sebelumnya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Tuan Berubah Menjadi Tuhan (dalam bibel)

Yesus hanya diutus kepada bani israel - Bukti Alkitabiyah

YOHANES 13:13 TUHAN atau Tuan