Kisah Nabi Ibrahim/Abraham Dalam Al Quran dan Taurat

Benang Merah Kisah Nabi Ibrahim/Abraham yang dibakar hidup-hidup yang tertulis dalam Al Quran dan Taurat

Al Quran Menjelaskan

قَالَ أَتَعْبُدُونَ مَا تَنْحِتُونَ. وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ. قَالُوا ابْنُوا لَهُ بُنْيَانًا فَأَلْقُوهُ فِي الْجَحِيمِ. فَأَرَادُوا بِهِ كَيْدًا فَجَعَلْنَاهُمُ الْأَسْفَلِينَ

Ibrahim berkata: “Apakah kamu menyembah patung-patung yang kamu pahat itu? Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu”. Mereka berkata: “Dirikanlah suatu bangunan untuk (membakar) Ibrahim;lalu lemparkanlah dia ke dalam api yang menyala-nyala itu”. Mereka hendak melakukan tipu muslihat kepadanya, maka Kami jadikan mereka orang-orang yang hina. (QS. Ash-Shaffat: 95-98).

Dalam Taurat Kita bisa melihat di Ayat

Genesis 15:7

וַיְהִי הַשֶּׁמֶשׁ בָּאָה וַעֲלָטָה הָיָה וְהִנֵּה תַנּוּר עָשָׁןוְלַפִּיד אֵשׁ אֲשֶׁר עָבַר בֵּין הַגְּזָרִים הָאֵלֶּה

way'hiy haSHemesh Bäähwaálä†äh häyäh w'hiNëh taNûr äshänw'laPiyd ësh ásher ävar Bëyn haG'zäriymëLeh

Lagi firman TUHAN kepadanya: "Akulah TUHAN, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi milikmu."

ditambah Rabbi Ben Abrahamson Menjelaskan :

Kisah ini di dalam Taurat bisa di lihat di Kejadian 15:7 "Dan Dia berkata kepadanya," Akulah TUHAN, yang membawa Anda keluar dari Ur-Kasdim, untuk memberikan tanah ini untuk mewarisinya . Kata ur berarti "tungku", sehingga ayat tersebut diartikan "Akulah TUHAN yang menyelamatkan Anda dari tengah-tengah api Kasdim.

"Komentar Genesis Rabba (c 300CE) memberikan detail lebih lanjut:

Dia (Terah) membawanya (Abraham) dan memberinya kepada Nimrod. (Nimrod) berkata kepadanya: Mari kita menyembah api! (Abraham) berkata kepadanya: Haruskah kita tidak maka menyembah air, yang memadamkan api! (Nimrod) berkata kepadanya: Lalu, mari kita menyembah air! (Abraham) berkata kepadanya: Haruskah kita tidak maka menyembah awan, yang membawa air ? (Nimrod) berkata kepadanya: Lalu, mari kita menyembah awan! (Abraham) berkata kepadanya: Jika demikian, sebaiknya kita tidak maka menyembah angin, yang menyebarkan awan? (Nimrod) berkata kepadanya: Lalu, mari kita menyembah angin! (Abraham) berkata kepadanya: Haruskah kita tidak maka menyembah manusia, yang tahan angin? (Nimrod) berkata kepadanya: Anda hanya menumpuk kata-kata; kita harus tunduk tak lain api. Karena itu saya akan melemparkan Anda di dalamnya, dan biarkan Tuhan untuk siapa Anda busur datang dan menyelamatkan Anda dari itu!

Haran (saudara Abraham) berdiri di sana. Dia mengatakan (kepada dirinya sendiri): apa yang harus saya lakukan ? Jika Abraham menang, saya akan berkata: "Aku dari Abraham (pengikut)," jika Nimrod menang saya akan berkata, Ketika Abraham pergi ke tungku dan selamat, Haran ditanya "Saya dari Nimrod (pengikut).": "Siapa (follower) yang Anda "dan ia menjawab:"? saya Abraham (follower) "Jadi, mereka membawa dia dan melemparkan dia ke tungku, dan jeroan nya dibakar dan ia meninggal dan mendahului Terah, ayahnya!. Ini adalah arti dari ayat (Kej 11:28), "Dan Haran meninggal di masa hidup ayahnya Terah."

Oleh fajar_bneiihsmael

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dari Tuan Berubah Menjadi Tuhan (dalam bibel)

Yesus hanya diutus kepada bani israel - Bukti Alkitabiyah

YOHANES 13:13 TUHAN atau Tuan